Friday, 20 June 2014

One Day Trip - Curug Cibereum


Btw, foto di atas adalah foto saya, dan sampe sekarang pun saya gak tau siapa itu yang motoin saya :p
hehehe...


Baiklah Curug Cibereum bisa dibilang adalah curug yang paling melelahkan, karena untuk mencapainya saja kita harus berjalan kurang lebih antara 45 menit - 90 menit perjalanan vertikal keatas.

Karena memang curug ini berada di ketinggian 1675 mdpl, tau mdpl kan? kalo gak tau saya kasih tau. Mdpl itu (Meter di atas permukaan laut) jadi kurang lebih ketinggian curug ini sekitar 1,6 km. Jadi kamu harus ngedaki dululah sedikit buat mencapai ke curug ini.

Curug Cibereum masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Cibodas. Jadi buat kalian yang mau mampir ke sini ya tinggal ke cibodas aja.

Saya mampir ke curug ini dalam rangka melatih Adinda yang akan mendaki Gunung Gede nantinya. Jadi saya kerjain dia suruh bawa Keril 60 liter untuk mencapai curug ini. Karena saya bersayembara, kalo dia mampu mencapai minimalnya sampai curug ini, saya perbolehkan dia untuk mendaki bersama saya ke Gunung Gede.


Itu dia Adinda, saya suruh dia bawa keril 60 liter untuk mencapai Curug Cibereum..



Pada Saat itu, tiket masuk untuk memasuki kawasan curug ini sekitar 4 ribu rupiah saja. Cuma denger denger per Tanggal 1 April 2014 ini tiket masuk ke Curug Cibereum naik menjadi 11 ribu/orang. Kenaikan yang lumayan ya dan saya termasuk orang yang beruntung karena pada waktu itu tiketnya masih murah :p hehehe


Untuk kalian yang punya rencana buat ke Curug Cibereum, saya sarankan membawa makanan ringan, makanan berat juga boleh.. bagus malah.. dan yang paling penting adalah, kalian sangat di wajibkan buat bawa airmineral. Minimal 2 botol yang 2 liter lah. Karena apa? karena di atas sana gak ada warung broh! Kalo kalian gak punya duit buat beli air mineral yaaa minimalnya bawa botolnya aje dah... di Gunung Gede ini berlimpah air kok, jadi kalian bisa nyiduk air dari sungainya.. Lumayan seger kok bro, cuma agak sedikit nyampur tanah sih.. yaaa gapapalah.. karena tanah di Gunung ini mengandung Zat Besi yang tinggi, barangkali aja ente abis minum disini jadi superhero :p hehehe..

Oke lanjut.


Itu adalah pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dan saya berada di paling kanan >.<

Maaf itu adalah foto bersama rekan-rekan kantor saya ketika saya menuju Curug Cibereum, soalnya foto bersama adinda saya cari cari kok gak ada yah :D hehehe... jadi saya upload yang itu aja :D

Setelah memasuki "Gerbang Sakti" itu.. halaah kok gerbang sakti. yaa pokoknya itu lah.. Disitu ada loket. Nah kamu beli loket di situ tuh sesuai dengan harga yang tertera.. Janga sampe gak beli tiket ya.. soalnya kalo kamu gak beli tiket, Para ranger di sana gak akan tahu kalo ada pengunjung yang naik ke curug. Kalo kamu ada apa-apa gimana? siapa yang nolong? Perjalanan menuju Curug lumayan angker loh. >.<

kurang lebih 30 menitan disitu kalian akan berada di pos awal  yaitu di Pos Telaga Biru!

Saya mohon maaf lagi, itu bukan foto pas saya mendaki bersama adinda atau pun bersama rekan-rekan kantor saya. Tapi foto itu ketika saya melakukan pendakian bersama teman-teman Band saya. Hehehe...  kalian bisa melihat catatan perjalanannya di sini . Kalo kalian ingin mendengar Lagu band saya, kalian bisa dengar di sini .

Kalian lihat air sungai di belakang saya? buat kalian yang gak bawa air minum silahkan tenggak aja air disana. Air nya jernih kok, seger lagi. Tapi sebelum diminum pastiin dulu gak ada yang cuci kaki di dekat anda. Supaya airnya gak bau tengik entar.

Oke di lanjut.

Gak lama dari situ, kalian akan melewati jembatan kayu dengan pemandangan yang sangat asri dan kokoh nya Gunung Pangrango tegak berdiri.


Mohon maaf lagi, itu bukan foto ketika saya bersama adinda, bersama rekan-rekan kantor saya, ataupun bersama band saya. Tapi foto itu ketika saya mendaki untuk pertama kalinya ke Gunung Gede.

Kalian bisa lihat disana betapa indahnya Gunung Pangrango. Satu kata "Dem Gunadem"

Jembatan kayu itu lumayan panjang, tapi gapapa nikmatin aja pemandangan di sekitarnya. Dan diujung jembatan ini kalian akandi sambut tanjakan terakhir sebelum akhirnya belok kanan dan sampai di Curug Cibereum yang kalian tuju.


Saya gak punya fotonya disini. Tapi saya ada videonya. Saya akan share untuk kalian semua. Selamat Buffering.




Perjalanan satu hari kita akhirnya selesai dan Adinda berhasil mendaki ke Curug Cibereum sambil membawa keril 60 liter. Sesuai dengan janji saya. Saya akan mengajak dia mendaki Gunung yang sesungguhnya. Dan kita berhasil.


Menjadi Kartini bukan lagi tentang parade "konde&kebaya"
Tapi tentang keteguhan mu pada prinsip "penghormatan diri" dimanapun dan kapan pun.
Tentang langkahmu yang meski dipenuhi rasa takut tapi kau tak pernah berhenti.
Tentang keterbatasanmu yang tak pernah membuatmu menyerah.
Tentang bebanmu yang tak pernah membuatmu lemah.
Tentang tantangan yang justru semakin membuatmu merasa bersemangat.

Mendaki masih dalam suasana Hari Kartini.


Setelah melewati Tanjakan Setan

Kaki seorang Petualang


Puncak Gunung Gede Bersama Adinda

Selfie di ketinggian 2958 mdpl

Lembah Surya Kencana

Sekian tulisan dari saya. Silahkan tinggalkan pesan, kesan, kritik, dan komentar.


Salam Rimba, Salam Lestari!







Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

No comments:

Post a Comment

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML